Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Polri Tolak Laporan KPU Soal Kebocoran Data Lantaran Berkas Kurang Lengkap

Jumat, 29 Mei 2020 – 21:27 WIB
Polri Tolak Laporan KPU Soal Kebocoran Data Lantaran Berkas Kurang Lengkap - JPNN.COM
Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Foto: ANTARA/HO-Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sempat mendatangi Bareskrim Polri pada Kamis (28/5) kemarin untuk melaporkan dugaan kebocoran data 2,3 juta penduduk. Namun, laporan itu belum diterima oleh Polri.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya belum menerima laporan karena masih ada yang harus dilengkapi KPU.

"KPU sudah datang kemarin ke SPKT Bareskrim Polri untuk membuat laporan polisi tentang kebocoran data daftar pemilih tetap KPU. Namun dikarenakan syarat formil belum lengkap maka laporan belum diterima," kata Ahmad, Jumat (29/5).

Perwira menengah ini menambahkan, data yang kurang lengkap tersebut yakni tidak adanya surat tugas dari pimpinan KPU dan hasil terjemahan dari akun di media sosial juga tidak dibawa.

Belum diketahui pasti kapan KPU bakal datang kembali melengkapi laporan tersebut.

“Kami masih menunggu dari pihak KPU,” tambah Ahmad.

Diketahui, data kependudukan sebanyak 2,3 juta yang ‎bersumber dari KPU diduga bocor dan dijual oleh hacker di forum dark web.

Informasi awal bocornya jutaan data ini dicuitkan oleh akun Twitter @underthebreach yang sebelumnya mengungkap soal penjualan data 91 juta pengguna Tokopedia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sempat mendatangi Bareskrim Polri pada Kamis (28/5) kemarin untuk melaporkan dugaan kebocoran data 2,3 juta penduduk. Namun, laporan itu belum diterima oleh Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close