Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ponorogo Terancam TBC

Sabtu, 24 Oktober 2009 – 20:36 WIB
Ponorogo Terancam TBC - JPNN.COM
PONOROGO - Tidak jauh berbeda dengan kasus demam berdarah dengue (DBD), Ponorogo juga berpotensi terjangkit penyakit tubercolusis (TBC). Hingga akhir Oktober ini saja, dinas kesehatan (dinkes) setempat mencatat sedikitnya 500 warga positif menderita penyakit menular ini. ''Memang harus dicegah, jangan sampai terus menular ke orang lain,'' terang Kepala Dikes Andi Nurdiana, kemarin (24/10).

Menurutnya, penyakit yang disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis itu bisa menyerang siapa saja. Termasuk anak atau mereka yang masih berusia produktif. Karena, bakteri tersebut memiliki daya tahan yang kuat. Sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi kekebalan tubuh penderitanya. ''Terutama anak dan orang tua yang rentan segala jenis penyakit,'' jelasnya.

Terlebih saat musim kemarau atau pancaroba seperti sekarang ini. Diperkirakan akan banyak kuman penyakit yang bertebaran melalui debu serta kotoran yang dibawa angin. Termasuk bakteri penyebab TBC. ''Penularannya bisa melalui pernafasan, batuk serta melalui kuman yang menempel pada dahak saat meludah,'' jelasnya.

Gejala awal TBC batuk berdahak lebih dari dua minggu dan tidak sembuh dengan pengobatan biasa. Disertai nafsu makan menurun, kondisi tubuh lemah, demam, sesak nafas atau nyeri dada serta berkeringat saat malam hari meski tanpa melakukan kegiatan. ''Itu gejala awal terkena bakteri TB, hendaknya langsung memeriksakan diri,'' ungkapnya.

PONOROGO - Tidak jauh berbeda dengan kasus demam berdarah dengue (DBD), Ponorogo juga berpotensi terjangkit penyakit tubercolusis (TBC). Hingga akhir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close