Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PPK Kemayoran Dorong Pertumbuhan Bisnis Kuliner Lewat Optimalisasi Pemanfaatan Lahan

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:32 WIB
PPK Kemayoran Dorong Pertumbuhan Bisnis Kuliner Lewat Optimalisasi Pemanfaatan Lahan - JPNN.COM
Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran mendorong pertumbuhan bisnis kuliner di Kawasan Kemayoran. Foto: Dokumentasi PPK Kemayoran

jpnn.com, KEMAYORAN - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran berupaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan infrastruktur untuk mendukung kegiatan komersial, termasuk sektor kuliner.

Direktur Pemberdayaan Kawasan PPK Kemayoran Yudi Sugara mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya strategis dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaku bisnis kuliner.

"Kami fokus pada pengembangan fasilitas dan penataan kawasan yang strategis. Tujuannya adalah agar para pelaku bisnis kuliner tumbuh dan berkembang dengan baik di Kemayoran," kata Yudi dalam keterangannya, Senin (12/8)

Bisnis kuliner sedang berkembang seiring dengan peningkatan minat masyarakat terhadap kuliner yang beragam.

Tren ini juga didorong oleh kemajuan teknologi, seperti penggunaan aplikasi pemesanan makanan online yang memudahkan pelanggan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Juni 2022, terdapat 11.223 usaha kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2020. Sebanyak 71,6 persen di antaranya berupa restoran atau rumah makan, 2,4 persen berupa katering, dan sisanya sekitar 26 persen masuk dalam kategori lainnya.

DKI Jakarta menduduki peringkat pertama provinsi dengan jumlah usaha kuliner terbanyak, dengan total 5.159 usaha pada tahun 2020.

Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya hingga hampir 4 kali lipat dibandingkan Jawa Barat yang berada di posisi ke-2, dengan total 1.414 usaha pada tahun 2020.

PPK Kemayoran mendorong pertumbuhan bisnis kuliner di kawasan Kemayoran dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan infrastruktur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA