Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pra-KTT Y20, Masalah Ketenagakerjaan Pemuda Kekinian akan Disampaikan kepada Jokowi

Minggu, 20 Maret 2022 – 15:24 WIB
Pra-KTT Y20, Masalah Ketenagakerjaan Pemuda Kekinian akan Disampaikan kepada Jokowi - JPNN.COM
Ilustrasi tenaga kerja. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PALEMBANG - Y20 Indonesia 2022 resmi membuka Pra-KTT bertema Ketenagakerjaan Pemuda di Palembang, Sumatera Selatan, yang diselenggarakan pada Sabtu (19/3) sampai Minggu (20/3). Para pemuda di negara G20 diharapkan bertukar pikiran dalam mencari solusi atas masalah ketenagakerjaan di Indonesia dan dunia.

“Saya berharap dan percaya bahwa dua hari ke depan, kami akan memiliki kesempatan besar untuk bertukar pikiran. Kami akan membahas masalah yang sangat krusial terkait dengan pemuda global, yaitu ketenagakerjaan pemuda,” ujar Co-chairs Y20 Indonesia 2020 Michael Victor Sianipar membuka acara itu.

Michael memaparkan ada dua subtema yang dibahas dalam Pra-KTT, yakni tentang jaring pengaman sosial untuk pekerja muda, khususnya yang bekerja di sektor nonformal dan tentang kewirausahaan sosial.

Michael menilai banyak tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat ini. Namun, dia meyakini tantangan itu akan mudah dilalui jika dihadapi secara bersama-sama.

Michael menjelaskan alasan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 diselenggarakan di sejumlah kota, serta melibatkan delegasi dari negara anggota G20. Dia menyebutkan hal itu guna mendengar seluruh aspirasi anak muda secara menyeluruh, bukan hanya dari satu wilayah saja.

“Kami akan kembangkan semua ide ini saat KTT diselenggarakan di Jakarta dan Bandung. Kemudian, hasil Pra-KTT ini juga akan kami sampaikan kepada Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Di sisi lain, Michael memastikan pihaknya akan memastikan seluruh pihak yang berpartisipasi dalam Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 dapat terlibat dalam menyampaikan aspirasinya.

Acara Pra-KTT ini turut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya.

Para pemuda dari anggota G20 membahas masalah ketenagakerjaan pemuda. Hasil pembahasan itu akan diserahkan kepada Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Jokowi  Pemuda  G20  Y20 
BERITA LAINNYA
X Close