Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo Effect Berpotensi Bawa Gerindra Menangkan 4 Pilgub di Papua

Rabu, 24 Juli 2024 – 18:49 WIB
Prabowo Effect Berpotensi Bawa Gerindra Menangkan 4 Pilgub di Papua - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Paramenter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai Prabowo Effect berpotensi membawa Partai Gerindra memenangkan empat pemilihan gubernur di Papua. Foto: Supplied for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Paramenter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pelantikan presiden terpilih 20 Oktober mendatang berpengaruh mengubah konfigurasi politik hingga ke level lokal pada Pilkada Serentak 27 November 2024.

Dia menilai Prabowo effect akan membawa pengaruh terhadap preferensi politik para pemilih di pilkada seluruh Indonesia, termasuk di Papua.

Menurut Adi, dalam literatur ilmu politik dikenal istilah 'honeymoon period' atau masa bulan madu, di mana seorang presiden pada awal masa jabatannya mendapat dukungan luas dari rakyat maupun media, bahkan oleh pihak oposisi sekalipun.

"Honeymoon period atau masa bulan madu ini biasanya ditandai adanya harapan besar presiden baru akan membawa perubahan positif dan memenuhi janji-janji kampanye. Di sisi lain tingkat pengawasan maupun kritik dari rakyat cenderung rendah," ujar Adi pada diskusi terkait Potret Politik dalam Pilkada Serentak di Tanah Papua yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (24/7).

Adi mengatakan Prabowo Effect telah terkonfirmasi di berbagai survei seperti di Jakarta, Jawa Tengah, termasuk di Papua dan diyakini makin kuat setelah pelantikan presiden dan wakil presiden.

Tingginya kecintaan dan harapan publik terhadap figur Prabowo Subianto hanya mungkin dikapitalisasi maksimal oleh partai politik yang memiliki asosiasi langsung dengan Prabowo yaitu Partai Gerindra.

"Untuk menang, kepengurusan Partai Gerindra di setiap tingkatan mesti jeli mengkapitalisasi ketokohan Pak Prabowo sebagai media darling dan mengkombinasikannya dengan faktor ketokohan kandidat maupun kader potensial di tingkat lokal," ucapnya.

Dalam konteks potret politik di tanah Papua, Adi meyakini Gerindra bisa menyapu bersih kemenangan pemilihan gubernur jika menerapkan strategi yang tepat dalam menentukan kandidat.

Prabowo Effect berpotensi membawa Partai Gerindra memenangkan empat pemilihan gubernur di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA