Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prabowo, Ganjar dan RK Tiga Besar 2024, Anies Tertinggal Jauh

Minggu, 28 Juni 2020 – 10:24 WIB
Prabowo, Ganjar dan RK Tiga Besar 2024, Anies Tertinggal Jauh - JPNN.COM
Survei elektabilitas capres New Indonesia menempatkan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di tiga besar. Foto: New Indonesia.

jpnn.com, JAKARTA - Persepsi publik terhadap kepala daerah masih sangan dipengaruhi pandemi virus corona (COVID-19). Terutama bagi mereka yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat untuk bertarung di pemilihan presiden 2024 mendatang.

Survei New Indonesia yang dirilis baru-baru ini menunjukkan bahwa persepsi publik terhadap kinerja penanganan COVID-19 berbanding lurus dengan elektabilitas. 

“Kinerja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai terbaik oleh publik Indonesia dalam mengatasi corona,” demikian ungkap Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (28/6).

Ganjar memuncaki opini publik dengan penilaian 23,0 persen, sedangkan Kang Emil menyusul sebesar 16,8 persen. Berturut-turut di bawahnya gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (12,8 persen), walikota Surabaya Tri Rismaharini (9,3 persen), dan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (8,1 persen).

Selain itu ada pula nama Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (4,5 persen), Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (2,7 persen), Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (1,3 persen), dan Gubernur Banten Wahidin Halim (1,0 persen). Nama-nama lain tidak mencapai 1 persen, dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab 18,8 persen.

“Ketika diterjemahkan ke dalam tingkat elektabilitas, Ganjar dan Kang Emil menempati tiga besar menuju Pemilu 2024, bersama Prabowo yang masih paling tinggi,” lanjut Andreas.

Elektabilitas Prabowo sebesar 18,9 persen, sedangkan Ganjar dan Kang Emil masing-masing 14,3 persen dan 11,0 persen.

Yang menarik, Andreas mencermati figur Kang Emil yang berhasil melewati Anies dengan elektabilitas 9,8 persen.

Survei elektabiltas terbaru menunjukkan bahwa Anies Baswedan tertinggal jauh dari Prabowo dan dua kepala daerah lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close