Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prajurit TNI AD Ini Ubah Ladang Ganja Jadi Kebun Jagung

Selasa, 11 Mei 2021 – 19:15 WIB
Prajurit TNI AD Ini Ubah Ladang Ganja Jadi Kebun Jagung - JPNN.COM
Sertu Sigit Wahyudi. Foto: dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Babinsa Kodim 0101/BS Aceh Besar Sertu Sigit Wahyudi menjadi sorotan karena prestasinya yang membanggakan TNI AD.

Dia bisa mengubah orang-orang yang dahulu menanam ganja menjadi petani jagung.

Aksi mulia Sertu Sigit ini dilakukan di Desa Lambada Kemukiman Lamteuba, Kabupaten Aceh Besar. Jerih payahnya, membuat warga lebih memilih menanam jagung ketimbang ganja.

"Tidak mudah mengubah mereka, karena tanaman ganja kan memang sudah tahun-tahunan, kemudian faktor pendidikan juga sangat memengaruhi," kata Sertu Sigit dilihat dari tayangan YouTube TNI AD, Selasa (11/5).

Menurut dia, daerah Lambada Kemukiman Lamteuba, Aceh Besar, diingat orang sebagai daerah ganja, namun sekarang sudah berubah, di sana masyarakat sudah berhasil budidaya komoditas jagung.

TNI AD memberikan bantuan cetak sawah gratis sebagai lahan yang akan ditanam masyarakat. Tidak hanya sampai di situ, anak buah KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa juga membina, memberikan pengetahuan dan keterampilan bertani jagung.

Bahkan, masyarakat juga diberikan perlindungan soal keamanan hasil produksi pertanian mereka dari potensi tindakan kriminalitas seperti pencurian jagung yang akan dipanen warga.

"Orang pertama yang saya kenal di wilayah saya, Fauzan, beliau mantan penanam ganja. Saya menyampaikan kalau mau berubah saya bisa memfasilitasi, saya akan sampaikan ke komandan saya, ada cetak sawah gratis," kata dia. (cuy/jpnn)

Salah satu prajurit TNI AD, Sertu Sigit Wahyudi berhasil mengubah ladang ganja jadi kebun jagung.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close