Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prediksi Jatim Milik Prabowo

Selasa, 08 Juli 2014 – 20:20 WIB
Prediksi Jatim Milik Prabowo - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Muhibbin Zuhri mengatakan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan menjadi pemenang di provinsi Jawa Timur. Menurutnya, kemenangan provinsi yang dipimpin Soekarwo itu akan menjadi penentu kemenangan bagi capres nomor urut satu tersebut.

Muhibbin mengatakan keunggulan Prabowo-Hatta tak akan jauh beda dengan perolehan suara yang diperoleh Soekarwo ketika memenangi Pemilihan Gubernur Jatim sebagai calon petahana. Kata dia, prediksinya juga dikuatkan dengan dukungan dari santri dan para kiai.

“Tumpuan pak Karwo (sapaan Soekarwo) waktu itu ada wilayah Madiun di Jawa Timur bagian barat dan Madura serta Tapal Kuda di Jawa Timur bagian Timur,” kata Muhibbin saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (8/7).
 
Muhibbin mengatakan meski PKB mengklaim suara kiai dan santri sama dengan pilihan dari partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar, namun pengakuan itu tak memberikan jaminan.

“Para kyai itu tidak mengandalkan partai dalam menjalankan pondok pesantrennya, jadi mereka tak harus punya pendapat sama dengan PKB, “ kata dosen pasca sarjana UIN ini. Dia mengakui bahwa sejak dulu Prabowo dekat dengan para kyai.
 
Dia memprediksi kemenangan Prabowo meliputi kultur Mataraman yang terdiri Madiun, Magetan, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Kediri dan kultur Majapahitan meliputi Jombang, Nganjuk dan Mojokerto akan bertumpu pada mesin politik Koalisi Merah Putih yang bekerja  maksimal.
 
“Mesin politik Prabowo Hatta akan bekerja maksimal di wilayah ini karena santri biasa punya pendapat sendiri yang berbeda dengan kyainya dalam hal pilihan politik. Hubungan kyai santri bersifat cair,” kata Muhibbin. (jpnn)

JAKARTA - Pengamat politik dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Muhibbin Zuhri mengatakan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan menjadi pemenang di provinsi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA