Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prediksi Mbak Puan, Jokowi Kirim Surpres Panglima TNI Sebelum Tanggal Ini

Kamis, 17 November 2022 – 23:51 WIB
Prediksi Mbak Puan, Jokowi Kirim Surpres Panglima TNI Sebelum Tanggal Ini - JPNN.COM
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menduga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan Surpres tentang Pergantian Panglima TNI sebelum legislatif memasuki masa reses pada 16 Desember 2022.

"Saya tentu menduga sebelum reses penutupan masa sidang, suratnya sudah diterima oleh DPR," kata wanita yang juga menjabat Ketua DPP PDI Perjuangan itu ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11). 

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal memasuki umur 58 atau usia purnatugas di militer pada 21 Desember 2022.

Namun, menantu eks Kepala BIN AM Hendropriyono itu masih memiliki waktu hingga 31 Desember 2022 untuk mengemban amanah sebagai Panglima TNI. 

Soal suksesor Jenderal Andika, Puan tidak ingin berspekulasi. Sebab, ranah penunjukan sosok di militer untuk menjadi Panglima TNI menjadi hak prerogatif Presiden RI Joko Widodo. 

Kepala negara, kata Puan, tentu memiliki pertimbangan menunjuk suksesor Jenderal Andika di pos Panglima TNI. 

"Siapa dan bagaimana calonnya yang akan dipilih, apakah itu terkait dengan kinerja dan lain-lain, tentunya itu presiden sudah mempunyai pertimbangan," katanya. 

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin berharap surat presiden (Surpres) tentang Pergantian Panglima TNI bisa dikirimkan oleh Istana sebelum legislatif memasuki masa reses. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menduga sebelum 16 Desember sudah ada surat masuk dari Presiden RI Joko Widodo ke legislatif soal pergantian Panglima TNI. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close