Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Amerika Memohon Maaf Gegara Telat Kirim Bantuan ke Ukraina

Sabtu, 08 Juni 2024 – 23:42 WIB
Presiden Amerika Memohon Maaf Gegara Telat Kirim Bantuan ke Ukraina - JPNN.COM
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Kepresidenan Ukraina, Kiev, Senin (20/2). Foto: Evan Vucci / POOL / AFP

jpnn.com, PARIS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (7/6) meminta maaf kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy karena terlambat mengesahkan paket bantuan militer yang sangat dibutuhkan bagi negara tersebut.

"Saya minta maaf karena selama berminggu-minggu saya tidak tahu apa yang akan terjadi, dalam hal pendanaan," kata Biden kepada Zelenskyy dalam sebuah pertemuan di Paris.

"Kami mengalami kesulitan meloloskan rancangan undang-undang yang harus kami sahkan ... dari beberapa anggota kami yang sangat konservatif... Tetapi kami akhirnya menyelesaikannya," kata Biden.

Ia merujuk pernyataannya itu pada oposisi Partai Republik terkait paket tersebut di Kongres AS.

Biden pada April menandatangani RUU belanja senilai 95 miliar dolar AS (sekitar Rp 1,54 kuadriliun) menjadi undang-undang untuk mendanai prioritas keamanan nasional utamanya, termasuk lebih dari 60,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 989,7 triliun) untuk Ukraina.

Bantuan militer tersebut disahkan setelah berbulan-bulan mengalami hambatan di Kongres AS, juga di tengah kekalahan Ukraina dari pasukan Rusia selama jangka waktu tersebut, dan setelahnya, akibat penundaan yang panjang tersebut.

Di Paris, presiden juga mengumumkan paket bantuan tambahan bagi Ukraina senilai 225 juta dolar AS (sekitar Rp3,66 triliun) untuk rekonstruksi jaringan listrik negara itu, dan memuji ketahanan Ukraina.

"Anda tahu, Anda tidak pernah menyerah, Anda tidak pernah menyerah sama sekali, Anda terus berjuang dengan cara yang luar biasa, sungguh luar biasa --dan kami tidak akan meninggalkan Anda," kata Biden.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Jumat (7/6) meminta maaf kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy karena terlambat mengesahkan paket bantuan militer

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close