Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Presiden Jokowi Menanam, Edy Rahmayadi Menyiram

Selasa, 27 Oktober 2020 – 16:32 WIB
Presiden Jokowi Menanam, Edy Rahmayadi Menyiram - JPNN.COM
Presiden Jokowi menanam bibit tanaman di sela kunjungannya ke kawasan lumbung pangan nasional baru di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut, Selasa (27/10). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, HUMBANG HASUNDUTAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menanam bibit tanaman di sela kunjungannya ke kawasan lumbung pangan nasional baru di Desa Ria-Ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa (27/10).

Dalam kunjungan itu juga, terlihat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyirami tanaman di lokasi yang sama.

Dalam kunjungan itu, Jokowi ingin melihat langsung perkembangan program lumbung pangan tersebut.

Pengembangan kawasan lumbung pangan di Sumatera Utara mencakup lahan dengan luas keseluruhan mencapai 30 ribu hektare dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Selain itu, dalam pengembangannya, turut diupayakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan membuka peluang usaha secara lebih efisien.

"Sudah dua kali saya ke Kalimantan Tengah. Di sana akan dibangun food estate khusus untuk padi dan singkong. Di sini (Sumatera Utara) ada luas lahan 60 ribu hektare, yang akan digunakan food estate adalah seluas 30 ribu hektare," ujar Jokowi.

Lumbung pangan ini nantinya akan tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Sebagai langkah awal pengembangan, di Humbang Hasundutan akan terlebih dahulu dibangun sebuah kawasan hortikultura yang akan menempati lahan seluas 215 hektare.

loading...