Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Presiden Ungkap 66 Negara Rentan Kolaps Akibat Perekonomian Global, Indonesia Aman?

Selasa, 11 Oktober 2022 – 19:13 WIB
Presiden Ungkap 66 Negara Rentan Kolaps Akibat Perekonomian Global, Indonesia Aman? - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini terdapat 66 negara pada posisi rentan untuk kolaps akibat situasi global yang makin sulit. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini terdapat 66 negara pada posisi rentan untuk kolaps akibat situasi global yang makin sulit.

Hal itu disampaikan Presiden seusai menerima laporan tentang kondisi ekonomi global dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang sedang berada di Washington DC, Amerika Serikat.

"Lembaga-lembaga internasional menyampaikan 66 negara berada pada posisi yang rentan untuk kolaps. Saat ini 345 juta orang di 82 negara menderita kekurangan akut dan kelaparan. Artinya ada krisis pangan," kata Presiden Jokowi, di Jakarta, Selasa (11/10).

Menurut Presiden, Menkeu membeberkan mengenai memburuknya perekonomian global.

Hal itu, ditandai dengan banyaknya negara yang mengajukan bantuan keuangan Dana Moneter Internasional (IMF).

"Tadi pagi saya mendapatkan telpon dari Menteri Keuangan dari Washington DC. Beliau menyampaikan sudah 28 negara antre masuk sebagai pasien IMF," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara mengakui jika kondisi ekonomi global saat ini makin sulit karena dampak pandemi COVID-19 dan perang Rusia dan Ukraina.

Kedua peristiwa itu menimbulkan disrupsi rantai pasok pangan, energi, dan berimbas pada krisis finansial.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini terdapat 66 negara pada posisi rentan untuk kolaps akibat situasi global yang makin sulit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close