Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prihatin Atas Bencana Longsor di Sumedang, La Nyalla: Akar Masalahnya Harus Dicari

Senin, 11 Januari 2021 – 21:17 WIB
Prihatin Atas Bencana Longsor di Sumedang, La Nyalla: Akar Masalahnya Harus Dicari - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti prihatin atas bencana yang terjadi di Indonesia, termasuk musibah tanah longsor yang baru saja terjadi di Sumedang, Jawa Barat.

Puluhan orang dikabarkan hilang. Petugas gabungan tengah melakukan pencarian evakuasi terhadap jenazah korban yang belum ditemukan.

Karena itu La Nyalla meminta kepada pemerintah untuk menggali akar masalah dari bencana yang sering terjadi di Tanah Air.

“Tujuannya adalah sebagai langkah preventif. Kalau kita tahu akar persoalan bencana yang terjadi, maka penanggulangannya tak hanya pada saat bencana itu datang, namun sebelum bencana menerpa," kata La Nyalla dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (12/1).

Dia mengatakan, bila bencana longsor di Sumedang disebabkan kerusakan alam, maka sudah semestinya pemerintah daerah melakukan tindakan preventif melalui berbagai macam kebijakan.

"Langkah preventif itu bisa dituangkan melalui peraturan daerah (perda). Dengan begitu, langkah upaya meminimalisasi bencana dapat dilakukan sedini mungkin," paparnya.

La Nyalla memberikan apresiasi kepada petugas gabungan dan sukarelawan yang bekerja cepat mengevakuasi korban longsor Sumedang.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-setingginya kepada petugas gabungan dan relawan yang sudah bekerja keras mengevakuasi korban," ujarnya.

La Nyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah mencari dan menyelesaikan akar masalah dari bencana alam yang sering terjadi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close