Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Produk Mamin dan Horeka Indonesia Laris Manis di SIRHA Budapest 2024, Raup Rp 150 Miliar

Senin, 18 Maret 2024 – 16:20 WIB
Produk Mamin dan Horeka Indonesia Laris Manis di SIRHA Budapest 2024, Raup Rp 150 Miliar - JPNN.COM
Produk mamin dan horeka Indonesia catat transaksi potensial Rp 150 miliar di SIRHA Budapest 2024. Foto: Humas Kemendag

jpnn.com, BUDAPEST - Produk makanan dan minuman (mamin) dan hotel, restoran, dan kafe (horeka) Indonesia mencatatkan transaksi potensial sebesar USD 10 juta atau senilai Rp 150 miliar di SIRHA Budapest 2024.

Pameran terselenggara pada 5—7 Maret 2024 di Hungexpo Budapest Congress & Exhibition Center, Budapest, Hungaria.

Partisipasi Indonesia terlaksana atas sinergi Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest.

“Partisipasi Indonesia pada pameran ini tak hanya mempromosikan produk mamin yang berdaya saing, tetapi juga membuka peluang untuk meraih transaksi jangka panjang dan diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor nonmigas ke Eropa Tengah dan Timur, khususnya Hungaria,” kata Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag.

Transaksi potensial dalam pameran SIRHA Budapest terdiri atas transaksi komoditas mamin dan suplai tenaga kerja Indonesia untuk pembuat roti sejumlah 210 orang.

"Saat ini Hungaria sedang membutuhkan serapan tenaga kerja cukup banyak dan membuka peluang menyuplai tenaga kerja dari negara ketiga. Kebutuhan tenaga kerja tersebut dikarenakan tumbuhnya sektor investasi secara eksponensial dan berpindahnya tenaga kerja lokal ke wilayah Eropa Barat,” tambah Didi.

SIRHA Budapest juga menjadi ajang untuk mengoptimalkan penetrasi pasar gastronomi Indonesia ke kawasan Eropa Tengah dan Timur (ETT), khususnya di tengah situasi konflik antara Ukraina dan Rusia.

Berdasarkan statistika pada 2024, permintaan terhadap sektor makanan di Hungaria diperkirakan tumbuh 6,47 persen per tahun sesuai Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (Compound Annual Growth Rate/CAGR) 2024—2028.

Produk mamin dan horeka Indonesia catat transaksi potensial Rp 150 miliar di SIRHA Budapest 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close