Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Produksi Bawang Merah dan Cabai Diyakini Aman Menjelang Puasa dan Lebaran

Sabtu, 06 Januari 2024 – 16:45 WIB
Produksi Bawang Merah dan Cabai Diyakini Aman Menjelang Puasa dan Lebaran - JPNN.COM
Tanaman bawang merah dan cabai yang tumbuh subur di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, GARUT - Kabupaten Garut sebagai salah satu sentra penghasil bawang merah dan cabai terbesar di Jawa Barat diandalkan mampu menopang pasokan nasional, terutama menghadapi puasa dan Lebaran pada Maret-April 2024 mendatang.

Sentra utama produksi bawang merah Garut berada di Kecamatan Bayongbong serta daerah penyangga sekitarnya, seperti Sukaresmi, Cilawu, Cisurupan dan Sucinaraja.

Sementara untuk cabai hampir tersebar di seluruh kecamatan, utamanya di Bungbulang, Caringin, Banyuresmi, dan Cisurupan.

Pada musim tanam akhir 2023, para petani sempat dilanda kekhawatiran akibat dampak El Nino yang menyebabkan hujan tidak stabil sehingga tanaman banyak yang sudah terlanjur ditanam memgalami kekurangan air.

Namun seiring dengan turunnya kembali hujan yang diprediksi cukup stabil, petani kini bisa bernafas lega.

Saat dikonfirmasi, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto optimistis pasokan bawang merah dan cabai jelang puasa dan Lebaran 2024 aman terkendali, salah satunya dari Garut, Jawa Barat.

"Berdasarkan laporan dari tim yang kami terjunkan langsung ke lokasi, total area penanaman di bulan Desember atau Januari di Bayongbong dan sekitarnya lebih dari 1.500 hektare," kata Dirjen Prihasto dalam keterangannya, Sabtu (6/1).

Dirjen Prihasto mengungkapkan akibat El Nino yang panjang tahun ini ada sekitar 30 persen diperkirakan hasilnya tidak optimal akibat kekurangan air.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto optimitis produksi bawang merah dan cabai aman terkendali jelang puasa dan Lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close