Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis Prof Salim Said soal Presiden Jokowi Tidak Sepenuhnya Berkuasa

Minggu, 23 Agustus 2020 – 11:04 WIB
Analisis Prof Salim Said soal Presiden Jokowi Tidak Sepenuhnya Berkuasa - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan (Unhan) Prof Salim Said menilai tuntutan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan masalah bangsa sulit terpenuhi.

Prof Salim menyebut Jokowi tak akan bisa menyelesaikan persoalan krisis keuangan, pandemi COVID-19, masalah buruh, honorer, hukum, sosial, dan seabrek lainnya.

Menurut Prof Salim, ketidakmampuan Jokowi itu lantaran Presiden ke-7 RI tersebut tidak punya kekuasaan penuh. Sebab, Jokowi bukan ketua umum parpol.

"Kita tidak bisa berharap banyak kepada Jokowi. Bukan karena dia jahat tetapi karena dia tidak punya kekuasaan," kata Prof Salim dalam kanal Hersubeno Point di YouTube.

Mantan wartawan dan pengamat film itu menilai kebijakan yang diambil Jokowi mengandung berbagai kepentingan para oligarki pendukungnya. Oleh karena itu, sulit mengetahui mana kebijakan murni Jokowi.

"Jokowi itu sebenarnya dalam posisi sulit. Kita tidak tahu undang-undang mana yang dia usulkan dan diperjuangkan untuk kepentingan rakyat. Dan, mana yang terpaksa diajukan karena meladeni kepentingan oligarki-oligarki yang lain," terangnya.

Lebih lanjut Prof Salim mengatakan, publik tak perlu heran ketika rancangan undang-undang (RUU) yang sebenarnya krusial malah belum dibahas. Sementara yang tidak urgen sudah dibahas lebih cepat.

Prof Salim menyebut hal itu justru merugikan Jokowi. Sebab, mantan gubernur DKI itu dinilai tidak peka dengan kepentingan publik.

Prof Salim Said menilai tuntutan masyarakat kepada Jokowi untuk menyelesaikan masalah krisis ekonomi dan lainnya sulit dipenuhi karena dikuasai oligarki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close