Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Profil Arifin Panigoro, Raja Minyak jadi Anggota Wantimpres 2019-2024

Jumat, 13 Desember 2019 – 16:34 WIB
Profil Arifin Panigoro, Raja Minyak jadi Anggota Wantimpres 2019-2024 - JPNN.COM
Arifin Panigoro dilantik menjadi Anggota Wantimpres periode 2019-2024, Jumat (13/12). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini profil Arifin Panigoro, bos MEDCO (Meta Epsi Pribumi Drilling Company), yang dilantik Presiden Jokowi menjadi salah satu dari sembilan anggota Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) periode 2019-2024.

Pria berjuluk Raja Minyak Indonesia itu merupakan pemilik MedcoEnergi, perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia.

Arifin merupakan lulusan Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung pada 1972. Arifin berasal dari keluarga besar Panigoro, Gorontalo. Panigoro merupakan salah satu marga Gorontalo asli yang tercatat telah digunakan sejak lama di provinsi itu.

Arifin Panigoro lahir di Bandung, Jawa Barat, 14 Maret 1945. Dia memulai bisnisnya dari nol. Arifin pernah menjadi kontraktor instalasi listrik door to door. Setelah itu, dia memulai proyek pemasangan pipa kecil-kecilan.

Salah satu tonggak sejarah Medco ialah ketika melakukan pembelian Stanvac yang dimenangkan melalui tender yang kemudian namanya diubah menjadi Expan.

Dengan pembelian itu, PT Stanvac tidak lagi dikuasai orang asing, sebab perusahaan minyak tertua di Indonesia itu sudah dimiliki sepenuhnya oleh Medco.

Selain dunia usaha, Arifin Panigoro juga sempat menceburkan diri ke politik. Dia pernah menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan 1999 untuk daerah pemilihan Kabupaten Tangerang.

Arifin sempat menjadi ketua DPP dan ketua Fraksi PDIP pada 2002-2003. Arifin terpilih lagi dari dapil Banten 1 yang saat itu meliputi Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, dan Kota Cilegon. Dia mengundurkan diri dari DPR dan PDIP pada 2005.

Profil Arifin Panigoro, bos minyak, pemilik MEDCO Group, telah dilantik Presiden Jokowi menjadi anggota Wantimpres 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close