Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Profil Tjahjo Kumolo: Lama di Senayan, MenPAN RB di Kabinet Indonesia Maju

Rabu, 23 Oktober 2019 – 09:20 WIB
Profil Tjahjo Kumolo: Lama di Senayan, MenPAN RB di Kabinet Indonesia Maju - JPNN.COM
Tjahjo Kumolo, Menpan RB di Kabinet Indonesia Maju. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini merupakan profil Tjahjo Kumolo yang menduduki kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo Kumolo dijuluki "La Ode Lakina Kaogesana Lipu". Julukan yang diberikan saat Tjahjo melakukan kunjungan kerja sebagai mendagri ke Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (10-10-2015).

Dengan sebutan La Ode Tjahjo Kumolo Lakina Kaogesana Lipu, kata tokoh adat Buton La Ode Jabaru, mantan sekjen PDIP itu sekaligus menjadi warga dan sesepuh Kesultanan Buton yang berdomisili di Jakarta sebagai Menteri Dalam Negeri.

La Ode berarti pemberian pujian atau penghargaan kepada seseorang oleh adat Kesultanan Buton sebagai negarawan atau bangsawan yang selalu berjuang membangun bangsa, agama, dan mempertahankan adat yang menjadikan budaya.

Kaogesana artinya pembesar atau atasan, tingkat kedudukan sosial yang tinggi dalam kesultanan Buton. Lakina berarti pimpinan dalam suatu kadie (kawasan) yang masyarakatnya menganut agama Islam. Lipu artinya wilayah yang meliputi negara, daerah, kecamatan, kelurahan, dan desa.

Gelar tersebut diperoleh Tjahjo saat menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Kabinet Kerja Jokowi Widodo (Jokowi) periode pemerintahan pertama (2014—2019).

Jokowi memuji Tjahjo sebagai politikus yang profesional saat mengenalkan Tjahjo di Istana. “Beliau politikus profesional, orang yang demokratis, juga tegas,” kata Jokowi saat mengenalkan Tjahjo sebagai Mendagri pada tahun 2014-2019.

Tjahjo pun diketahui merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Berikut ini adalah profil Tjahjo Kumolo yang menjabat sebagai menPAN RB di Kabinet Indonesia Maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close