Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Program Padat Karya Tunai Bisa Menyerap 5 Juta Tenaga Kerja

Selasa, 22 Mei 2018 – 17:22 WIB
Program Padat Karya Tunai Bisa Menyerap 5 Juta Tenaga Kerja - JPNN.COM
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pemanfaatan dana desa 2018 wajib menggunakan program padat karya tunai secara swakelola. Selain itu, 30 persen dari nilai proyek digunakan sebagai upah kepada pekerja yang berasal dari masyarakat desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memperkirakan penggunaan dana desa secara padat karya tunai akan menyerap lebih dari 5 juta tenaga kerja.

"Saat ini, semua dana desa yang dana desanya sudah cair sudah melaksanakan program padat karya tunai. Karena itu wajib, tidak boleh dilakukan dengan menggunakan kontraktor. Ini diperkirakan bisa menyerap 5 juta tenaga kerja," kata Eko Putro Sandjojo usai peluncuran aplikasi multimedia Desa Kini dan melaksanakan buka bersama dilingkungan Kemendes PDTT di Balai Makarti Muktitama Kemendes PDTT, Jakarta, Senin (21/5).

Penyerapan tenaga kerja menurut Eko, tidak hanya dengan program padat karya tunai saja yang berasal dari dana desa.

Namun, juga dengan program pengembangan prukades yang digagas oleh Kemendes PDTT dengan membuat cluster ekonomi di desa seperti mengembangkan komoditi jagung, gula, dan garam serta komoditi lainnya.

"Kita sudah melakukan MoU antara kabupaten dan dunia usaha untuk program prukades ini. Dengan Mou ini diperkirakan akan ada tambahan tenaga kerja lagi sebanyak 10 juta tenaga kerja," katanya. (jpnn)

Pemanfaatan dana desa 2018 wajib menggunakan program padat karya tunai secara swakelola

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close