Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Proses Naturalisasi Pemain Dinilai Lambat, Ini Respons Kemenpora

Sabtu, 02 April 2022 – 23:57 WIB
Proses Naturalisasi Pemain Dinilai Lambat, Ini Respons Kemenpora - JPNN.COM
Plt Seskemenpora Jonni Mardizal. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Plt Seskmenpora Jonni Mardizal mengakui ada komentar tentang pihaknya yang dianggap lambat dalam mendorong proses naturalisasi pemain.

Menurutnya, bukan proses dari pemerintah yang lambat, tetapi banyak syarat dari pemain yang ingin dinaturalisasi belum terpenuhi.

Menurut pria asal Jambi tersebut, upaya naturalisasi ini dilakukan sesuai dengan arahan dari presiden. Mereka yang dinaturalisasi harus diupayakan yang memiliki darah keturunan Indonesia.

"Kami meminta agar sesuai arahan dari Presiden, agar yang dinaturalisasi ini punya darah Indonesia. Jadi seperti ini, mereka orang berdarah Indonesia, tetapi kewarganegaraannya asing, dinaturalisasi agar kembali jadi WNI, jadi Indonesia," ungkapnya, dalam podcasport JPNN.com, dalam perbincangan mulai menit ke-27.

Jonni menegaskan, dari tiga nama yang sekarang dalam proses dinaturalisasi dan ramai dikabarkan sudah setuju, ternyata belum semua berkas pemain itu lengkap. Ketiga nama yang sudah mulai diproses berkasnya ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattinama.

"Jadi bukan kami lambat, tetapi berkas mereka yang kami minta belum lengkap. Ada poin-poin yang sampai saat ini, belum dipenuhi. Karena itu prosesnya tidak bisa dilanjutkan," terangnya.

Dari ketiga nama itu, rata-rata belum bisa memenuhi 13 poin berkas atau item yang harus dipenuhi. Meski tidak merinci apa saja poin tersebut, Jonni memastikan Kemenpora tak bisa memberikan rekomendasi sampai berkas tersebut dilengkapi.

"Dari ketiga nama itu, masing-masing orang harus melengkapi 13 item. Dari 13 item itu, hanya tiga item yang sudah dipenuhi, enam item ada tetapi masih belum sempurna. Jadi ada empat item yang semuanya belum dilengkapi sama sekali. Lengkapi dulu 13 item itu, baru bisa cepat jalannya," tegas pria 60 tahun tersebut.

Kemenpora dianggap lambat mendorong proses naturalisasi pemain, ternyata kesalahan di 3 pemain yang siap dinaturalisasi tetapi belum lengkap berkasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close