Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Proyek Infrastruktur Sering Celaka, Fadli Zon Makin Curiga

Rabu, 21 Februari 2018 – 23:14 WIB
Proyek Infrastruktur Sering Celaka, Fadli Zon Makin Curiga - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam sebuah pertemuan konsultasi pimpinan lembaga tinggi negara pada 2015. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengingatkan pemerintah agar serius dalam mengevaluasi proyek infrastruktur yang belakangan ini sarat dengan kecelakaan kerja. Menurutnya, rentetan kecelakaan itu bisa membuat masyarakat tak percaya pada infrastruktur yang dihasilkan.

Fadli mengatakan, rentetan kecelakaan dalam pembangunan proyek infrastruktur jelas mengundang keprihatinan. Terlebih, peristiwanya beruntun dalam lima bulan terakhir ini.

“Kita kini patut bertanya, jika untuk keselamatan pekerja saja kontraktor tak bisa menerapkan zero accident, bahkan sudah berkali-kali terbukti terjadi kecelakaan, maka bagaimana kita bisa percaya jika infrastruktur yang sedang dibangun itu nantinya benar-benar aman saat telah digunakan?” ujarnya, Rabu (21/2).

Fadli mengaku telah mendengar keputusan pemerintah menghentikan sementara seluruh proyek infrastruktur yang elevated demi proses audit keselamatan dan konstruksi. Wakil ketua DPR yang membidangi politik dan keamanan itu menilai keputusan pemerintah sudah tepat.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, pemerintah sebaiknya tak usah mengebut proyek infrastruktur hanya demi pencitraan. Sebab, aspek perencanaan dan keselamatan harus benar-benar diperhatikan.

“Cukup proyek kereta bandara saja yang dipaksakan selesai dan kemudian terbukti bermasalah hingga memakan korban. Jangan sampai hanya demi mengejar kebutuhan pencitraan, semua proyek infrastruktur jadi dipaksakan penyelesaiannya,” tegasnya.

Lebih lanjut Fadli mengatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo memang butuh etalase politik untuk menghadapi Pemilu 2019. Namun, sambungnya, berbagai proyek infrastruktur bisa berbalik bisa jadi etalase buruk atas kinerja pemerintah selama ini.

Selain itu, Fadli menduga ada pihak yang hendak menyandang gelar Bapak Pembangunan seperti halnya Presiden Soeharto. Sayangnya, upaya itu tak realistis.

Fadli Zon mengatakan, rentetan kecelakaan dalam pembangunan proyek infrastruktur jelas mengundang keprihatinan. Terlebih, peristiwanya beruntun dalam 5 bulan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close