Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Proyeksi Bappenas soal Herd Immunity, Tercapai Tahun Depan?

Selasa, 09 Februari 2021 – 16:08 WIB
Proyeksi Bappenas soal Herd Immunity, Tercapai Tahun Depan? - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat mendapatkan vaksinasi kedua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Vaksinasi ditujukan untuk mencapai herd immunity. Biro Pers Sekretariat Presiden.

jpnn.com, JAKARTA -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa memproyeksi Indonesia akan mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity dari Covid-19 pada 2022.

“Mudah-mudahan kita capai dalam waktu 15 bulan. Faktornya adalah kecepatan dari sisi ketersediaan vaksin,” katanya dalam konferensi pers virtual perkembangan ekonomi Indonesia di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Menurut Suharso, untuk mencapai kekebalan kelompok setidaknya Indonesia harus melakukan vaksinasi 70 persen dari total 269 juta atau sebanyak 188,3 juta penduduk.

Namun, tidak semua bisa melakukan suntik vaksinasi. Penduduk harus memiliki kriteria di luar penderita dengan komorbid atau penyakit bawaan, penyintas COVID-19, dan ibu hamil. Total jumlah kriteria tersebut mencapai 7,2 juta, maka target vaksinasi adalah sebanyak 181,5 juta penduduk.

"Kebutuhan dosis vaksin untuk memenuhi 181,5 juta penduduk itu adalah 426,8 juta ditambah dengan 15 persen cadangan," jelasnya.

Bappenas mencatat total potensi vaksin Covid-19 yang diamankan pemerintah mencapai 663,5 juta dosis vaksin.

Suharso merinci, vaksin Sinovac yang diamankan pemerintah dengan potensi jumlah sebanyak 100 juta dosis dan 125,5 juta dosis telah dipesan dengan estimasi tersedia Maret 2022.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa memproyeksi Indonesia akan mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity dari Covid-19 pada tahun depan. Namun hal ini dipengaruhi bebe

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close