Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSBB Diperpanjang, Rupiah Bertahan Menekan Dolar AS

Kamis, 04 Juni 2020 – 17:33 WIB
PSBB Diperpanjang, Rupiah Bertahan Menekan Dolar AS - JPNN.COM
Mata uang rupiah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Diumumkannya perpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, nilai tukar rupiah hari ini Kamis (4/6), bertahan dengan kekuatannya terhadap mata uang dolar AS.

Rupiah ditutup stagnan atau sama dengan hari sebelumnya, di level Rp 14.095 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta yang memperpanjang PSBB sampai akhir Juni 2020, tetapi masuk dalam masa transisi mengindikasikan bahwa kebijakan tersebut ikut membantu program pemerintah menuju tatanan hidup baru (new normal), sehingga pasar merespons positif terhadap kebijakan tersebut.

"Pasar optimistis dengan masa transisi ini sama artinya dengan program new normal yang digadang-gadang oleh pemerintah, sehingga arus modal asing yang tadinya keluar pasar dalam penutupan sore ini kembali masuk dan mata uang garuda kembali stagnan," ujar Ibrahim.

Masa transisi yang akan diterapkan memberi angin segar bagi perekonomian di DKI Jakarta, sehingga dalam masa transisi tersebut perkantoran, mal dan lainnya kembali dibuka walaupun di bawah pengawasan yang ketat

Dari eksternal, rilis data ekonomi AS di hari ini cukup meyakinkan yaitu indeks nonmanufaktur AS untuk Mei 2020 dan pesanan pabrik untuk April melampaui perkiraan.

Indeks non manufaktur yang dirilis Institute of Supply Management (ISM) naik menjadi 45,4 pada Mei, lebih baik dari estimasi 44,4.

Sementara itu, pesanan pabrik menurun 13 persen pada April, lebih kecil dari proyeksi penurunan sebesar 13,4 persen.

PSBB diperpanjang, nilai tukar rupiah hari ini Kamis (4/6), bertahan dengan kekuatannya terhadap mata uang dolar AS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close