Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSI: Asian Para Games Momentum Perbaikan Hak Difabel

Minggu, 07 Oktober 2018 – 19:44 WIB
PSI: Asian Para Games Momentum Perbaikan Hak Difabel - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresasi penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang dibuka kemarin, Sabtu (6/10). Acara pembukaan yang digelar begitu megah dan menggugah.

“Pembukaan Asian Para Games 2018 semakin membuktikan bahwa Indonesia memang mampu berkarya dengan gemilang,” kata Ketua Umum PSI Grace Natalie melalui siaran persnya, Minggu (7/10).

Lebih jauh penyelenggaraan Asian Para Games ini seharusnya menjadi momentum perbaikan hak-hak kaum difabel di Indonesia. Selama ini kaum difabel masih terkesan sebagai warga negara kelas dua.

“Lihat paling gampang adalah rendahnya ketersediaan fasilitas publik yang ramah untuk mereka,” lanjut Grace.

Anggaran jelas tidak bisa dijadikan alasan. Memang akan menyedot lebih banyak tapi nilainya kecil dan tidak relevan dengan kebutuhan hakiki untuk tidak mendiskriminasi mereka.

Menurut Grace, kepekaan dan kepedulian birokrasi harus lebih diasah lagi. Jangan sampai ada warga yang didiskriminasi, baik secara sengaja maupun karena ketidakpekaan atau ketidakpedulian.

"Di level masyarakat juga harus mulai ditumbuhkan suasana untuk tidak mendiskriminasi para difabel, termasuk sejak mereka masih kanak-kanak," tutur dia.

Anak-anak difabel selama ini banyak disembunyikan atau dipisahkan dengan lingkungan. Padahal mereka juga perlu bersosialisasi dengan anak-anak lainnya.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengapresasi penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang dibuka kemarin, Sabtu (6/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close