Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PSSI Sebut JIS belum Layak untuk FIFA Matchday, Jakpro Menjawab Begini

Sabtu, 10 September 2022 – 13:38 WIB
PSSI Sebut JIS belum Layak untuk FIFA Matchday, Jakpro Menjawab Begini - JPNN.COM
Jakarta International Stadium atau JIS di Jakarta Utara. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membalas pernyataan PSSI yang menilai Jakarta International Stadium atau JIS belum layak untuk menjadi lokasi pertandingan FIFA Match Day.  PT Jakpro yang merupakan pengelola JIS menyatakan bahwa stadion sepak bola telah berstandar internasional.

Menurut Plt Direktur Proyek JIS Arry Wibowo, pembangunan JIS layaknya stadion kelas dunia lainnya yang telah berstandar Federation Internationale de Football Association (FIFA). 

JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern di Liga Inggris, seperti Tottenham Hotspurs Stadium, London, serta sejumlah stadion Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” ujar Arry dalam keterangannya, Sabtu (10/9).

Menurut dia, JIS sudah memenuhi kriteria rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepak bola standar FIFA. Yang pertama, tahap perencanaan termasuk penentuan lokasi stadion dianggap strategis dan mudah untuk dijangkau publik.

Unsur keamanan dan keselamatan terpenuhi seperti struktur bangunan, sistem pencegahan kebakaran, sistem pengamanan, tersedianya ruang kontrol, ruang medis pemain dan publik.

Dia juga menyebutkan bahwa JIS memiliki area parkir di dalam maupun luar stadion. Area parkir kendaraan maupun bus, serta area parkir khusus VIP dan VVIP yang terpisah dari area publik.

“Playing area meliputi ukuran lapangan, pemilihan jenis rumput alami, dan sistem drainasenya, penempatan bangku pemain, LED perimeter, aksesibilitas lapangan dalam kondisi darurat, signage area, penanda akses, penanda jalur evakuasi yang tersebar di seluruh area stadion,“ paparnya.

Jakpro membalas pernyataan PSSI yang menilai Jakarta International Stadium (JIS) belum layak untuk menjadi lokasi pertandingan FIFA Match Day.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close