Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PT BUMI Berkomitmen Terapkan Kesetaraan Gender untuk SDGs

Selasa, 20 Februari 2024 – 14:50 WIB
PT BUMI Berkomitmen Terapkan Kesetaraan Gender untuk SDGs - JPNN.COM
PT Bumi Resources (Ilustrasi). Foto dok BUMI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) berusaha mewujudkan dunia usaha yang berbasis pada kesetaraan gender.

Sebagai perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, BUMI melalui unit usaha PT Kaltim Prima Coal (KPC) memegang teguh nilai 'gender equality' dalam proses rekrutmen, jenjang karir dan penempatan tenaga kerja.

“Rekrutmen dan jenjang karir karyawan di KPC berdasarkan kompetensi dan kualifikasi, bukan pada jenis kelamin. Sistem dan prosedur yang diterapkan adalah memberikan kesempatan karyawan untuk bekerja dan berkarir tanpa membedakan gender,”  ujar President Director BUMI Adika Nuraga Bakrie, dalam keterangannya, Selasa (20/2).

Kebijakan ini menurutnya terbukti dengan banyaknya karyawan perempuan yang menempati berbagai posisi mulai dari level pekerja lapangan (operator armada tambang) hingga level manajemen seperti Superintendent dan Manager.

Saat ini terdapat 167 orang pekerja perempuan KPC di level Operator.

Sebanyak enam orang operator perempuan ini telah menunjukkan prestasi tertinggi sehingga diikut-sertakan dalam kompetisi the best operator tingkat Asia sejak 2015 lalu.

“Keberhasilan tersebut membuktikan BUMI dan unit usaha telah merealisasikan kebijakan penghormatan HAM BUMI versi 1.0 untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan yang selama ini dinilai rentan atas pelanggaran HAM. Kami bangga dengan prestasi ini, karena sebanyak 90 persen operator perempuan di KPC telah bekerja menjadi operator dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, bahkan ada di antara mereka yang memiliki masa kerja di atas 25 tahun,” jelas Adika.

Terbukti, KPC memberi kesempatan sama kepada para pekerjanya. Prestasi yang luar biasa juga bisa dilihat dari catatan data keselamatan.

Keberhasilan tersebut membuktikan BUMI dan unit usaha telah merealisasikan penghormatan HAM BUMI versi 1.0 untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close