Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PT Sumber Konflik Pascapemilu

Senin, 16 Maret 2009 – 10:44 WIB
PT Sumber Konflik Pascapemilu - JPNN.COM

JAKARTA- Puluhan parpol peserta pemilu legislatif diprediksi gagal lolos parliamentary threshold (PT) 2,5 persen sebagai batas minimal perolehan suara nasional untuk bisa mendapatkan kursi di parlemen. Sejumlah kalangan mencemaskan itu sebagai salah satu sumber konflik pascapemilu.

 

"Kita, tampaknya, harus bersiap-siap kalau mereka marah," kata Wasekjen Partai Golkar Rully Chaerul Azwar dalam bincang-bincang di Jakarta Minggu (15/3). Menurut dia, dalam pemilu nanti, maksimal hanya 10 di antara 38 parpol peserta pemilu yang bisa lolos ke Senayan.

 

"Sisanya tetap di luar dan suaranya dianggap hangus. Jadi, 560 kursi DPR itu hanya diberikan kepada parpol yang lolos PT," ujarnya. Padahal, imbuh Rully, semua parpol sudah mengeluarkan dana politik yang tidak sedikit. Bahkan, ada yang jorjoran. Baik itu untuk konsolidasi internal maupun belanja iklan politik.

 

"Tapi, mudah-mudahan mereka sadar," katanya. Sebab, mekanisme PT yang diatur UU Pemilu No 10/2008 merupakan upaya penyederhanaan parpol secara alamiah. Meski begitu, sistem itu tetap memiliki nilai plus.

JAKARTA- Puluhan parpol peserta pemilu legislatif diprediksi gagal lolos parliamentary threshold (PT) 2,5 persen sebagai batas minimal perolehan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA