Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puji Keputusan Dirjen Aptika Mundur, Roy Suryo: Orang Baik di Kemenkominfo

Rabu, 10 Juli 2024 – 00:07 WIB
Puji Keputusan Dirjen Aptika Mundur, Roy Suryo: Orang Baik di Kemenkominfo - JPNN.COM
Pakar telematika Roy Suryo memuji keputusan Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan untuk mundur dari jabatannya. Foto dok. APDI

jpnn.com, JAKARTA - Pakar telematika Roy Suryo mendukung petisi dari SafeNet agar Menteri Komunimasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi "dikartumerahkan". 

Ini sebagai reaksi pasca-Pusat Data Nasional (PDN) Sementara 2 di Surabaya, Jawa Timur, dibobol hacker (peretas) pada 20 Juni 2024 lalu.

"Peretasan itu sesungguhnya telah terjadi sejak 17 Juni 2024," ungkap Roy Suryo dalam talkshow di Jakarta, Selasa (9/7). 

Diskusi bertajuk "Pusat Data Nasional Ambyar! Apa Solusinya" itu diselenggarakan oleh Aliansi Penegak Demokrasi Indonesia (APDI) yang terdiri atas Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (PP IA ITB), Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Pergerakan Advokat (Perekat) Nusantara, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Forum API Perubahan, dan Yayasan Advokasi Hak Konstitusional Indonesia (Yakin).

Roy juga mengapresiasi pengunduran diri Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

 "Saya apresiasi. Anda termasuk orang baik di Kementerian Kominfo," ucap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini. 

Menurut Roy, meski ada cloud storage di Batam, Kepulauan Riau, dan PDNS 1 di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, fakta bahwa sebagian besar data penting republik ini bisa dikuasai hacker dan sekarang dalam kondisi terenkripsi serta dimintakan tebusan senilai USD 8 juta (Rp 132 miliar) adalah bukti kegagalan pemerintah dalam melindungi data.

“Saya mendukung pemerintah untuk tidak membayar tebusan tersebut karena tidak ada jaminan data akan dikembalikan dan transaksi menggunakan cryptocurrency yang tidak bisa dilacak,” cetusnya.

Pakar telematika Roy Suryo memuji keputusan Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan untuk mundur dari jabatannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA