Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pulau Madura Siap Jadi Lumbung Pangan Nasional

Minggu, 24 Februari 2019 – 19:16 WIB
Pulau Madura Siap Jadi Lumbung Pangan Nasional - JPNN.COM
Lumbung pangan. Foto: Humas Badan Ketahanan Pangan Kementan

jpnn.com, MADURA - Kementerian Pertanian (Kementan) meyakini Madura bakal menjadi sebagai salah satu lumbung pangan di Indonesia. Hal itu terlihat dari potensi Pulau Madura yang sangat luar biasa.

Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro mengatakan, Madura memiliki potensi lahan jagung seluas 365.000 hektare.

“Belum lagi padi, bawang merah, cabai, juga sektor peternakan. Madura kan memiliki populasi sapi yang cukup besar," kata Syukur Iwantoro dalam keterangannya, Minggu (24/2).

Namun, potensi tersebut belum dikembangkan secara optimal karena adanya beberapa kendala. Masalah pengairan menjadi kendala utama, sebagian besar lahan bertanian di Madura adalah lahan tadah hujan.

"Kalau turun hujan, lahan kebanjiran, sedangkan jika kemarau lahan kekeringan. Ada juga sungai, namun areal di sekitarnya masih kekeringan," sebut dia.

Setelah memetakan potensi pengembangan dan permasalahan yang dihadapi, Kementan bakal memberikan bantuan dalam empat program besar, yakni Perbaikan Infrastruktur, Modernisasi Pertanian, Peningkatan Produksi Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan, serta Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Syukur menambahkan, untuk perbaikan infrastuktur, terutama untuk masalah kekeringan dan banjir, Kementerian Pertanian, memberikan bantuan berupa pembangunan embung, long storage dan pompa air untuk mengatasi masalah kekeringan.

Diharapkan, dengan pengelolaan air yang baik, petani bisa panen dua kali atau bahkan tiga kali dalam setahun.

Kementerian Pertanian (Kementan) meyakini Madura bakal menjadi sebagai salah satu lumbung pangan di Indonesia. Hal itu terlihat dari potensi Pulau Madura yang sangat luar biasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close