Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PUPR Dorong Inovasi Teknologi untuk Percepat Pembangunan Infrastruktur

Rabu, 27 Oktober 2021 – 23:32 WIB
PUPR Dorong Inovasi Teknologi untuk Percepat Pembangunan Infrastruktur - JPNN.COM
Jembatan Youtefa di Jayapura merupakan jembatan pelengkung baja terpanjang di Papua dengan bentang 1,6 kilometer. Foto: Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong inovasi teknologi terbaru demi mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja menyebutkan Drip Irrigation dan Big Gun Sprinkler merupakan bentuk inovasi dalam sistem penyediaan air baku mandiri dan sistem irigasi untuk kawasan yang relatif sulit air.

Melalui inovasi teknologi tersebut air dapat dimanfaatkan secara efisien untuk mendukung produksi pertanian yang lebih optimal.

Selain itu, di bidang konektivitas tengah dikembangkan Multi Lane Free Flow (MLFF), yakni teknologi untuk meningkatkan layanan jalan tol antara lain dengan sistem transaksi tol nirsentuh.

Endra mengatakan di bidang permukiman, ada Teknologi Waste to Energy (W2R) untuk pengolahan sampah dengan incinerator untuk mengkonversi material padat menjadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Kementerian PUPR juga terus mendorong inovasi yang memberikan nilai tambah dan sisi lain yang lebih humanis pada setiap infrastruktur yang dibangun.

"Salah satunya contoh inovasi yang telah dilakukan yakni pembangunan Jembatan Youtefa di Jayapura yang dalam bahasa setempat artinya pergi ke kampung," ujar Endra.

Menurutnya, jembatan ini memiliki nilai inovasi sebagai jembatan pelengkung baja terpanjang di Papua dengan bentang 1,6 kilometer.

Kementerian PUPR terus mendorong penerapan inovasi teknologi demi mempercepat pembangunan infrastruktur.


BERITA LAINNYA