Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pupuk Kalimantan Timur Dinobatkan sebagai Perusahaan Penurunan Emisi Terbaik 2021

Jumat, 07 Mei 2021 – 21:58 WIB
Pupuk Kalimantan Timur Dinobatkan sebagai Perusahaan Penurunan Emisi Terbaik 2021 - JPNN.COM
Kantor Pupuk Kaltim. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) terus fokus dalam menjaga keberlangsungan lingkungan, termasuk dalam hal penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Sebagai produsen pupuk Urea terbesar di Indonesia, PKT telah menyusun kebijakan terkait lingkungan sesuai peraturan yang berlaku, melalui penerapan Life Cycle Assessment (LCA) yang mencakup lima aspek lingkungan.

Di antaranya efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air limbah, pengurangan pencemaran udara, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, 3R limbah non B3 dan perlindungan keanekaragaman hayati.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan seluruh proses produksi PKT terlebih dulu dilakukan analisis dampak lingkungan, mencakup metode pengelolaan dan pemantauan yang wajib dilakukan sesuai dokumen lingkungan, di samping analisis dampak risiko agar proses bisnis dengan risiko lingkungan yang tinggi, dimitigasi menjadi rendah.

“Begitu juga untuk pengurangan emisi GRK, PKT memiliki 23 program yang mencakup pengurangan emisi di proses produksi hingga fasilitas penunjang,” kata Rahmad Pribadi.

Ragam inisiatif dan inovasi lingkungan yang dijalankan PKT, diselaraskan dengan indikator capaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Realisasi tersebut telah berhasil menghasilkan perbaikan kualitas lingkungan di sekitar area kelola maupun wilayah terdekat perusahaan, sesuai persyaratan kepatuhan dalam peraturan perundangan terkait beyond compliance.

“PKT berkomitmen penuh mengeliminasi dampak aktivitas produksi terhadap lingkungan, dengan melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup secara seksama dan bertanggung jawab,” ucap Rahmad Pribadi.

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) terus fokus dalam menjaga keberlangsungan lingkungan, termasuk dalam hal penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close