Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pusdik Kowad Didik Para Wanita Layaknya Prajurit Pria

Minggu, 07 Maret 2021 – 07:05 WIB
Pusdik Kowad Didik Para Wanita Layaknya Prajurit Pria - JPNN.COM
Pusdik Kowad milik Mabes TNI AD. Foto: Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI Angkatan Darat atau Pusdik Kowad merupakan komando pendidikan pencetak wanita Indonesia untuk menjadi prajurit TNI AD.

Pusdik Kowad ini berada di bawah Kodiklat TNI AD dan dipimpin oleh seorang komandan wanita berpangkat Kolonel. Saat ini Pusdik Kowad dipimpin oleh Kolonel Caj (K) Maria I Suparni.

Kolonel Maria mengatakan, pada 2020 Pusdik Kowad menerima 221 siswa yang terdiri dari 181 siswa reguler dan 40 siswa Otonomi Khusus (Otsus) Papua.??
??
Pusdik Kowad dilengkapi fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa seperti ruang kelas, sarana olahraga, juga tempat ibadah.

Selain itu, juga terdapat delapan ruang kelas dengan kapasitas 25-30 siswa. Kemudian terdapat ruang micro teaching, laboratorium bahasa dan komputer, ruang makan dengan kapasitas 240 orang, ruang fitness, dan dua lapangan. ??
??
"Selain mendapatkan pendidikan teori para siswa Kowad juga dididik ketahanan dan ketangkasan fisik layaknya para prajurit pria," kata Maria sebagaimana dilihat dari tayangan YouTube TNI AD, Sabtu (6/3).

Menurut dia, pada pandemi Covid-19 proses pembelajaran di Pusdik Kowad tetap berjalan sesuai kurikulum dengan mengedepankan protokol kesehatan, meskipun terdapat Prasis Dikmaba yang terpapar Covid-19.??
??
“Siswa kami banyak yang terpapar dan di Pusdik Kowad ini jaringannya belum online," tambah Maria.

Supaya proses belajar mengajar tetap berjalan, terhadap masing-masing siswa yang terpapar akan dimasukan ke ruang isolasi.

"Kemudian kami berikan HT. Menurut kami proses belajar mengajar harus tetap berjalan meskipun siswanya ada di ruang isolasi,” ujar Maria.
??
Sebanyak 53 Prasis Dikmaba yang setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 melakukan donor plasma konvalesen di RSPAD. Bahkan, 8 siswa di antaranya melakukan donor plasma sebanyak 2 kali.??
??
“Dengan dukungan dari semuanya dan atensi yang luar biasa dari Bapak KSAD (Jenderal TNI Andika Perkasa), dari Dankodiklat. Saya akui luar biasa. Dedikasinya yang sungguh-sungguh merawat siswa,” tandas Maria. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Pusdik Kowad berada di bawah Kodiklat TNI AD dan dipimpin oleh seorang komandan wanita.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close