Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu Rudana Sebut Forum Indonesia-Pasifik Bahas Berbagai Isu Strategis

Kamis, 25 Juli 2024 – 17:19 WIB
Putu Rudana Sebut Forum Indonesia-Pasifik Bahas Berbagai Isu Strategis - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana di sela-sela Sidang Kedua Indonesia-Pacifik Parliamentary Partnership (IPPP) yang digelar di Jakarta, 25-26 Juli 2024. Foto: BKSAP

jpnn.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan Forum Indonesia-Pasifik yang berlangsung di Jakarta membahas berbagai isu strategis.

DPR RI menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sidang Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) pada 25-26 Juli 2024. Forum tersebut mengusung tema "Partnership for Prosperity: Fostering Regional Connectivity and Inclusive Development".

"Kita sebetulnya merasa bersyukur karena setelah enam tahun, Forum Indonesia-Pasifik Parliamentary Partnership bisa kembali digelar, karena terakhir dilakukan tahun 2018," kata Putu Rudana di Jakarta, Kamis (25/7).

Dia pun mendukung pemerintah untuk terus melakukan diplomasi dengan negara-negara Pasifik, agar ke depan Indonesia maupun negara-negara kepulauan di Pasifik menghormati dan menghargai satu sama lain.

Putu Rudana berharap interaksi ini ditingkatkan lagi, tidak hanya membahas isu-isu yang berhubungan dengan kondisi dan tantangan yang terjadi, tetapi lebih produktif pada peningkatan konektivitas, termasuk pembangunan infrastruktur.

"Bagaimana kita harus terus saling mendukung dan meningkatkan kerja sama di bidang investasi, pertumbuhan ekonomi, infrastruktur, perdagangan, transisi energi, pariwisata, serta pendidikan," tuturnya.

Menurut Putu, pada ujungnya semua itu bakal memberikan manfaat dan pertumbuhan ekonomi antar-negara, sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan.

Forum yang dihadiri 13 negara termasuk Indonesia, serta satu negara teritori Prancis, diharapkan dapat membangun kembali kebersamaan antara Indonesia dengan Negara-negara Kepulauan Pasifik, membangun suatu hubungan yang baik.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Rudana mengatakan Forum Indonesia-Pacifik Parliamentary Partnership membahas berbagai isu strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA