Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu Rudana Apresiasi Percepatan Pembangunan Kawasan IKN di Era Jokowi

Jumat, 16 Agustus 2024 – 14:04 WIB
Putu Rudana Apresiasi Percepatan Pembangunan Kawasan IKN di Era Jokowi - JPNN.COM
Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana. Foto: koleksi pribadi

jpnn.com - Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengapresiasi percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai menginap dan bekerja di Istana Negara dan Istana Garuda IKN.

"Saya mengapresiasi melihat berbagai perkembangan di IKN, Ibu Kota Negara Nusantara. Saya juga mengapresiasi dengan berbagai percepatan pembangunan yang dilakukan di IKN,” kata Putu Rudana melalui keterangannya pada Kamis (15/8).

Dia mengatakan sejak merdeka, Indonesia belum memiliki Ibu Kota yang secara khusus dibangun dengan menarasikan kemuliaan Nusantara. Namun, founding fathers sudah memberikan berbagai komitmen bagaimana menjadi sebuah bangsa dalam semangat satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sejalan dengan semangat tersebut, katanya, para founding fathers membangun sebuah fondasi landasan berbangsa dan bernegara berupa Pancasila.

"Dengan Pancasila menjadi dasar negara, dan juga dibangun dengan semangat atau semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu dalam semangat kebersamaan, persatuan sebagai satu bangsa yaitu Indonesia,” ucap politikus asal Bali itu.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI itu berharap terjadi kesinambungan setelah Presiden Jokowi menginisiasi atau menggagas agar Ibu Kota bisa berada di tempat yang baru.

Terlebih lagi, pembangunan kawasan IKN, melibatkan putra-putri terbaik bangsa dari berbagai bidang, khususnya seniman/designer I Nyoman Nuarta yang menggagas konsep di mana Ibu Kota benar-benar mencerminkan akar luhur budaya Nusantara.

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Rudana mengapresiasi percepatan pembangunan IKN di Kaltim oleh pemerintahan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA