Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rakernas V PDIP, Megawati Sebut Demokrasi Perlu Penyeimbang

Jumat, 24 Mei 2024 – 19:07 WIB
Rakernas V PDIP, Megawati Sebut Demokrasi Perlu Penyeimbang - JPNN.COM
Dokumentasi - Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut penting adanya pihak penyeimbang terhadap pemerintahan, agar kehidupan demokrasi di Indonesia tetap terjaga.

"Kami tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," kata Megawati di Rakernas V PDIP, Jakarta, Jumat (24/5).

Putri Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu melanjutkan masyarakat sipil dan pers yang kuat diperlukan menghadapi tantangan dalam berdemokrasi.

"Demokrasi juga memerlukan partai politik yang sehat dan terlembaga, serta sistem hukum yang benar-benar berkeadilan," kata Megawati.

Dia kemudian berbicara tentang kemungkinan sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan mendatang.

Megawati menyebut sikap PDI Perjuangan ke pemerintahan mendatang akan dicermati dengan seksama, mendengarkan semua unsur sampai suara rakyat.

"Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup dan terus berjuang bagi terlembaga demokrasi yang sehat," kata Presiden kelima RI itu.

Megawati hanya menekankan sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan mendatang akan memikirkan tanggung jawab perekonomian rakyat.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri berbicara tentang pentingnya pihak penyeimbang dalam demokrasi. Sinyal apakah itu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close