Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Geopolitik Masuk Poin Rekomendasi Rakernas V, PDIP Minta Pemerintah Aktif Menciptakan Perdamaian

Minggu, 26 Mei 2024 – 16:51 WIB
Geopolitik Masuk Poin Rekomendasi Rakernas V, PDIP Minta Pemerintah Aktif Menciptakan Perdamaian - JPNN.COM
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menerbitkan rekomendasi hasil Rakernas V yang dilaksanakan dari Jumat (24/5) sampai Minggu (26/5) dengan satu isinya membahas isu geopolitik.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjadi tokoh yang membacakan hasil rekomendasi Rakernas V partainya di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

Rakernas V PDI Perjuangan menganggap perang bisa saja meletus di dunia menyusul terjadinya konflik Rusia-Ukraina hingga Israel-Iran.

"Rakernas V Partai menilai terdapat berbagai kerawanan dunia akibat pertarungan geopolitik sebagaimana terjadi perang Rusia-Ukraina, ketegangan Israel dan Iran, Semenanjung Korea, Selat Taiwan, Laut Tiongkok Selatan, dan berbagai persoalan dunia lainnya," kata Puan membacakan rekomendasi Rakernas V PDI Perjuangan, Minggu.

Dari situ, Rakernas V PDIP mendorong pemerintah Indonesia bisa aktif berdiplomasi menenangkan kondisi dunia.

"Rakernas V Partai mendorong pemerintah untuk lebih aktif dalam diplomasi dan mengambil prakarsa perdamaian untuk menghentikan konflik berdasarkan prinsip-prinsip dari Konferensi Asia Afrika (KAA), Gerakan Non Blok (GNB), Conference of the New Emerging Forces (Conefo), Pidato Bung Karno To Build The World A New dan pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif," lanjut Puan membacakan rekomendasi Rakernas V sisi geopolitik.

PDI Perjuangan mengusung tema Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang dengan subtema Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran pada Rakernas V kali ini.

Ribuan peserta yang terdiri dari fungsionaris partai di berbagai tingkatan dan kepala daerah dan legislatif dari PDI Perjuangan hadir dalam Rakernas V yang dilaksanakan tiga hari dari Jumat (24/5) sampai Minggu.

Isu geopolitik masuk dalam poin rekomendasi Rakernas V PDI Perjuangan yang dilaksanakan dari Jumat (24/5) sampai Minggu (26/5). Seperti apa isinya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close