Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ralali.com Bantu Memajukan UMKM Ritel Lewat Big Data

Senin, 11 November 2019 – 22:50 WIB
Ralali.com Bantu Memajukan UMKM Ritel Lewat Big Data - JPNN.COM
Ralali.com. Foto dok Ralali

jpnn.com, JAKARTA - Chief Officer, Head of Growth and Expansion Ralali.com, Chandra Tandiono mengatakan, cara yang paling tepat untuk mengembangkan UMKM melalui pemanfaatan big data.

Karena itu, dia menyarankan agar Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia memulai mengumpulkan data-data terkait UMKM yang tersebar di wilayahnya dan menggunakan analisis big data.

"Teman-teman dari Pemda pastinya sudah memiliki informasi UMKM apa saja yang ada di daerahnya namun informasi itu belum semua diolah menjadi data dan dianalisis menggunakan big data," ujar Chandra di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta (7/11).

Chandra menjelaskan, data yang dikumpulkan hendaknya diolah dan dikelola melalui analisis big data.

Data yang dikumpulkan adalah data jenis transaksi, operasional, produksi, layanan, hingga pendanaan. Sehingga Pemda bisa memetakan kebutuhan dan memberikan advokasi serta pelatihan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dari dari setiap UMKM di daerahnya.

“Bukan tidak mungkin UMKM setempat bisa terdaftar di e-catalog,” jelas pria lulusan ilmu komputer dan teknologi, Beijing Institute of Technology.

Chandra menuturkan, hambatan UMKM saat ini adalah 95 persen diantaranya untuk memperoleh bahan baku masih menggunakan pendekatan tradisional. Tidak adanya harga yang transparan serta persediaan produk yang terbatas, serta akses logistik hingga financing yang juga terbatas.

Ralali.com membentuk ekosistem ekonomi digital yang fokus utamanya membantu pelaku UMKM agar mudah dalam mendapatkan solusi satu pintu untuk pemenuhan kebutuhan usaha, pengembangan hingga perluasan usaha.

Saat ini sudah ada 2.500 UMKM yang telah mendapatkan bantuan usaha dari financing Ralali.com.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close