Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramadan, Bulan Uji Solidaritas Sosial

Sabtu, 20 Agustus 2011 – 05:05 WIB
Ramadan, Bulan Uji Solidaritas Sosial - JPNN.COM
KESEDIAAN menunaikan ibadah puasa secara simbolik mencerminkan ketakwaan seorang Muslim karena ia telah patuh kepada perintah Allah SWT. Secara substantif ibadah puasa juga menuntut sang pelaku agar senantiasa mengarahkan diri pada nilai-nilai kebaikan sebagai implementasi dari takwa.

Disadari atau tidak, kehadiran bulan Ramadan telah mendorong kita untuk meningkatkan pengamalan ajaran-ajaran agama. Tidak heran jika setiap kali memasuki bulan Ramadan kita merasakan adanya perubahan nuansa religius di dalam kehidupan bermasyarakat. Berbagai kegiatan keagamaan, seperti buka puasa bersama, salat tarawih berjamaah, kuliah subuh, dan diskusi-diskusi keagamaan digelar di berbagai tempat. Begitu pula media massa, baik cetak maupun elektronik, tampil dengan menu sajian yang sarat dengan nilai-nilai keagamaan. Kondisi ini tentu mendorong dan mengarahkan kita pada peningkatan ketakwaan.

Selain memberikan dorongan pada diri untuk hidup secara lebih bermartabat, ibadah puasa juga mengajarkan kita untuk meningkatkan kesalehan sosial sebagai dimensi eksternal puasa. Hal ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk solidaritas sosial.

Pertama, memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada mereka yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa memberikan makanan berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, maka diberikan kepadanya pahala serupa yang diberikan kepada orang yang berpuasa.” (HR Tirmidzi)

KESEDIAAN menunaikan ibadah puasa secara simbolik mencerminkan ketakwaan seorang Muslim karena ia telah patuh kepada perintah Allah SWT. Secara substantif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA