Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramadan Tak Halangi Komunitas Ini Untuk Terus Cintai Lingkungan

Jumat, 29 Maret 2024 – 19:39 WIB
Ramadan Tak Halangi Komunitas Ini Untuk Terus Cintai Lingkungan - JPNN.COM
Komunitas Gemestta melakukan aksi penanaman tanaman. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BOGOR - Ada banyak hal dilakukan untuk berbuat kebaikan di bulan puasa, salah satunya adalah program peduli lingkungan yang digagas Komunitas Gerakan Semesta Kita (Gemestta).

Cuaca panas pada Jumat (29/3) tidak menghalangi mereka menanam pohon bambu sebagai upaya pelestarian alam di Kawasan Babakan Raden, Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Penanaman pohon ini salah satu program kami untuk berkontribusi nyata dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Gemestta memiliki program-program yang terus akan dilakukan untuk kebaikan bagi bumi," ujar Ketua Komunitas Gerakan Semesta Kita Arif Maulana Nurbani dalam siaran persnya, Jumat (29/3).

Berkolaborasi dengan sejumlah tokoh muda seperti Founder Asian Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference Andrian Cader dan pendiri komunitas Langit Biru Pertiwi Nadia Mulya, Gemestta coba terus memberikan kontribusi nyata dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Bani berharap, ke depannya akan terus berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdampak langsung terhadap isu lingkungan dan kemanusiaan.

"Kami ingin lebih banyak lagi mengajak anak muda untuk bergerak aktif bersama menjaga bumi dan lebih peduli terhadap lingkungan," ujar Bani.

Sementara itu, pendiri komunitas Langit Biru Pertiwi Nadia Mulya mengaku resah seiring mencuatnya isu perubahan iklim belakangan ini. Isu tersebut, lanjut Nadia, menjadi alasan bagi dirinya ingin tetap berkontribusi melakukan penanaman pohon bambu meskipun sedang berpuasa di bulan suci Ramadan.

"Bambu memiliki kemampuan yang signifikan dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer selama pertumbuhannya. Dengan memanfaatkan bambu sebagai bahan bangunan atau dalam kegiatan penanaman, kita dapat membantu memerangi perubahan iklim dengan mengurangi jumlah karbon dioksida yang terperangkap di atmosfer," ujar Nadia.

Sadar tidak bisa sendirian, Nadia mengapresiasi kampanye hijau yang diinisiasi oleh Gemestta dalam upaya menghambat laju perubahan iklim.

Komunitas Gemestta terus berusaha melakukan kebaikan dan mencintai lingkungan selama Ramadan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close