Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramdan Masih Transfusi Darah

Sabtu, 08 Mei 2010 – 05:48 WIB
Ramdan Masih Transfusi Darah - JPNN.COM
SURABAYA - Kondisi Ramdan Aldil Saputra, pasien transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo Surabaya, kemarin (7/5) semakin mengkhawatirkan. Hingga pukul 20.00 tadi malam, perdarahan melalui duburnya belum bisa dihentikan.

Menghentikan perdarahan tersebut  bukanlah pekerjaan mudah. Sebab,  dari pemeriksaan endoskopi yang dilakukan pada pukul 00.30 dini hari kemarin (7/5), terlihat jelas bahwa kondisi lambung, esophagus (leher lambung), maupun pylorus (pintu antara lambung dan usus) Ramdan "bersih?. Artinya, tidak ada sumber perdarahan di bagian tersebut.

Begitu pula ketika dilakukan kolonoskopi (pemeriksaan dengan cara memasukkan kamera ke dalam usus melalui dubur). Di sepanjang usus besar dan pintu masuk usus 12 jari juga tidak terlihat sumber perdarahan.

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa perdarahan itu berasal dari pecahnya pembuluh darah di bagian tengah usus 12 jari. Untuk diketahui, bagian ini tidak bisa dilihat, baik dengan endoskopi maupun kolonoskopi, lantaran letaknya terlalu dalam dan diameternya sangat kecil.

SURABAYA - Kondisi Ramdan Aldil Saputra, pasien transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo Surabaya, kemarin (7/5) semakin mengkhawatirkan. Hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA