Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramdan Mulai Jalani Fisioterapi

Tiga Hari Pascaoperasi Ganti Hati

Rabu, 28 April 2010 – 12:35 WIB
Ramdan Mulai Jalani Fisioterapi - JPNN.COM
SURABAYA - Kemajuan signifikan terus dialami oleh Ramdan Aldil Saputra, bocah yang Sabtu (24/4) lalu menjalani transplantasi hati di RSUD dr Soetomo. Pada hari ketiga pascaoperasi, fisik mantan penderita atresia bilier (saluran empedu tidak terbentuk) itu hampir sepenuhnya pulih. Ramdan sudah bisa mengangkat pantat, berteriak, dan bahkan menendang. Kemarin (27/4), putra bungsu pasangan Bambang Sutondo Winarno-Sulistyowati itu juga sudah cukup kuat untuk menjalani fisioterapi.

Tim dokter melatih fisik Ramdan dengan mendudukkan bocah itu pada tempat tidur yang ditempatinya dalam ruang khusus di Intensive Care Unit (ICU) di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo. "Kami melakukan fisioterapi untuk melatih mobilisasi Ramdan. Itu memang harus dilakukan, untuk melatih fisik anaknya," kata dr Arie Utariani SpAn-KIC, salah seorang ahli ICU/Critical Care RSUD dr Soetomo kepada Jawa Pos kemarin.

Arie melakukan penanganan pascaoperasi Ramdan bersama dua ahli ICU/Critical Care lain. Yakni, dr Philia Setiawan SpAn-KIC dari RSUD dr Soetomo dan dr Wang Yu dari Oriental Organ Transplant Center (OOTC) Tianjin, Tiongkok. Operasi transplantasi liver terhadap Ramdan merupakan kolaborasi antara RSUD dr Soetomo dan OOTC Tianjin yang didukung oleh Jawa Pos.

Seperti diberitakan, awal Januari lalu Jawa Pos mengirim sembilan dokter dan dua perawat RSUD dr Soetomo ke OOTC Tianjin untuk mendalami ilmu transplantasi liver. OOTC merupakan pusat transplantasi organ terbesar di dunia, yang pada 2007 lalu menangani operasi ganti hati mantan CEO/chairman Jawa Pos group, Dahlan Iskan.

SURABAYA - Kemajuan signifikan terus dialami oleh Ramdan Aldil Saputra, bocah yang Sabtu (24/4) lalu menjalani transplantasi hati di RSUD dr Soetomo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA