Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ramli MS: Pemerintah Tak Perlu Meragukan Komitmen Eks GAM

Senin, 05 April 2021 – 02:50 WIB
Ramli MS: Pemerintah Tak Perlu Meragukan Komitmen Eks GAM - JPNN.COM
Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS (baju merah) saat doa dan zikir bersama mantan Panglima GAM dari seluruh Aceh, dan eks kombatan GAM Libya yang dipusatkan di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Minggu (4/4/2021). (ANTARA/HO)

jpnn.com, LHOKSEUMAWE - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS menyatakan para mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sudah berkomitmen dengan perdamaian di daerah itu.

Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama pemerintah guna mewujudkan perdamaian abadi di daerah dengan julukan Serambi Mekkah tersebut.

"Jadi, pemerintah tidak perlu ragu dengan komitmen perdamaian ini. Orang Aceh, kalau sudah menyatakan setia (kepada NKRI, red) tetap akan setia," kata Ramli MS di Aceh Utara, Minggu (4/4).

Penegasan itu disampaikan Ramli usai kegiatan zikir dan doa bersama mantan panglima GAM dan eks kombatan GAM Libya berlokasi di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Desa Beuringen, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Ramli menyebut upaya damai yang telah disepakati antara Pemerintah RI dengan GAM pada tanggal 15 Agustus 2005 lalu di Helsinki, Finlandia merupakan komitmen bersama untuk terus merawat perdamaian Aceh hingga saat ini.

"Komitmen tersebut dibuktikan dengan kondusifnya situasi keamanan dan ketertiban secara nasional di Aceh hingga saat ini," kata Ramli.

Dia pun berharap pemerintah pusat terus menjalin komunikasi dengan pemangku kebijakan di Aceh seperti Pemerintah Aceh, Wali Nanggroe Aceh dan unsur Komite Peralihan Aceh (KPA), sehingga setiap persoalan yang terjadi dapat dikomunikasikan dengan baik bersama pemerintah.

"Gerakan Aceh Merdeka sudah ikhlas dengan perdamaian, yang jelas hari ini untuk menerima sebuah perdamaian, tidak ada lagi pihak yang saling menyalahkan satu sama lain," ucap Ramli MS menegaskan.

Mantan panglima GAM dan eks kombatan GAM Libya adakan pertemuan di Kompleks Makam Sultan Malikussaleh, Minggu (4/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close