Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RASAIN! 28 Remaja Berandal di Jalanan Akhirnya Dibekuk

Jumat, 02 Juni 2017 – 19:37 WIB
RASAIN! 28 Remaja Berandal di Jalanan Akhirnya Dibekuk - JPNN.COM
Pelaku kriminal yang tertangkap dan diborgol. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 28 remaja berhasil dibekuk dalam dua pekan terakhir ini. Mereka merupakan pelaku tindak kejahatan di jalan yang meresahkan masyarakat belakangan ini.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, semua pelaku merupakan hasil tangkapan dari jajaran kepolisian di wilayah hukumnya. Termasuk penangkapan tiga anggota geng motor Jepang yang mengakibatkan tiga orang luka tusuk.

"Di mana dari pelaku berandalan motor 28 orang, memang menjadi perhatian bersama. Prilaku atau perbuatannya yang cukup meresahkan masyarakat. Kami sudah melakukan langkah-langkah represif," kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (2/6).

Berdasarkan pemeriksaan, kata Iriawan, motif eksistensi jadi faktor utama pelaku dalam melakukan penyerangan. Remaja ini, tambah Iriawan, merasa bangga jika berhasil melukai orang di jalan.

"Mereka mencari jati diri, kalau bisa melukai itu pangkatnya tinggi, jadi naik, sehingga mereka mengambil dan melukai," kata Iriawan.

Di samping itu, motif ekonomi juga menjadi aspek pendukung. Pelaku merasa puas dengan hasil jarahannya dari korban yang dilukai.

"Mereka rata-rata dapat handphone atau motor, kalau dijual bisa Rp 500 sampai Rp 1 juta. Kalau sehari dapat empat itu bisa Rp 4 juta, belum kalau motor itu bisa mereka preteli dan dijual," kata dia.

Fonomena kejahatan ini, menurut Iriawan sebenarnya bisa ditanggulangi sejak dini. Yaitu dengan memaksimalkan peran orang tua dalam mengedukasi anak.

Sebanyak 28 remaja berhasil dibekuk dalam dua pekan terakhir ini. Mereka merupakan pelaku tindak kejahatan di jalan yang meresahkan masyarakat belakangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close