Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Raskin Dikuasai Para Tengkulak

Sabtu, 15 Mei 2010 – 04:30 WIB
Raskin Dikuasai Para Tengkulak - JPNN.COM
MASOHI- Penyaluran bantuan beras untuk warga miskin di Kabupaten Maluku Tengah dikuasai oleh para calo. Akibatnya, beras warga miskin yang dipatok seharga Rp. 1600 per kilogram  itu bisa mencapai Rp. 2000 hingga Rp.3000 per kilogramnya. "Katanya, kelebihannya buat ganti biaya transportasi," ujar Arwan seorang warga yang mengaku kecewa karena harus menebus beras miskin jatahnya dengan Rp 3000 per kilogramnya.

Lebih parah lagi, jatah raskin itu tak sepenuhnya didistribusikan kepada waong cilik. Tetapi, juga diperjual belikan kepada masyarakat berkecukupan, bahkan juga pengusaha lokal. "Buktinya, beras raskin justru banyak dijual di kios-kios," kata Arwan menambahkan. saat ini, raskin dihargai hingga Rp 3000/kg.

Kondisi ini membuat anggota DPRD setempat berang. Abu Bakar Nusalelu, anggota DPRD Maluku Tengah menegaskan, bahwa beras raskin banyak dijual di kios-kios. "Jadi ini tidak benar. Apalagi harga raskin yang dipatok Rp 1600/kg itu, dipasaran bisa mencapai Rp. 3000," kata Abub Bakar.

Menurut politisi Partai Bulan Bintang itu tidak ada alasan menaikan harga raskin. Sebab segala biaya pengalokasian raskin ke desa-desa di 14 kecamatan di Malteng telah dianggarkan. “Sesuai ketetapan, harga raskin harus Rp 1600. Tidak ada alasan menaikan harga, apalagi dengan alasan untuk menutupi biaya transportasi,” tegas anggota Komisi C ini.

MASOHI- Penyaluran bantuan beras untuk warga miskin di Kabupaten Maluku Tengah dikuasai oleh para calo. Akibatnya, beras warga miskin yang dipatok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA