Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratio Elektrifikasi Masih Rendah

NTT, NTB dan Papua Terendah

Senin, 16 November 2009 – 12:16 WIB
Ratio Elektrifikasi Masih Rendah - JPNN.COM
JAKARTA- Kondisi kelistrikan nasional belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Betapa tidak, hingga 30 Oktober 2009, ratio eletrifikasi nasional baru 63,7persen. Itupun masih tersebar di kota-kota besar. Sedangkan di Wilayah Timur indonesia, berarti 50 persen lebih masyarakat Indonesia belum menikmati listrik.

Dirut PT PLN (Persero) Fahmi Mochtar mengatakan, dari 33 provinsi, yang paling rendah ratio elektrifikasi adalah Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 22,6 persen. Di susul Nusa Tenggara Barat (NTB) 29,6 persen, Papua 27 persen, Sulawesi Barat (Sulbar) 31,6 persen, dan Sulawesi Selatan (Sulsel) 39 persen. Sedangkan lainnya rationya di atas 40 persen.

"Riau ratio elektrifikasinya 44 persen dan Jakarta hampir 100 persen," kata Fahmi dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Senin (16/11).

Dengan adanya penyediaan listrik sendiri dari swasta, lanjutnya, menyebabkan ratio elektrifikasi nasional menjadi 65 persen. Ke depan, peran swasta dalam penyediaan listrik sangat dibutuhkan dalam meningkatkan ratio elektrifikasi nasional.

JAKARTA- Kondisi kelistrikan nasional belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Betapa tidak, hingga 30 Oktober 2009, ratio eletrifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA