Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Bandit Digulung, Irjen Mohammad Iqbal: Kami Gaspol, yang Melawan Ditindak Tegas

Kamis, 31 Desember 2020 – 12:05 WIB
Ratusan Bandit Digulung, Irjen Mohammad Iqbal: Kami Gaspol, yang Melawan Ditindak Tegas - JPNN.COM
Barang bukti para pelaku kejahatan di NTB. Istimewa Humas Polda NTB.

jpnn.com, MATARAM - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya mengamankan 367 pelaku kejahatan dalam operasi-operasi rutin jelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Irjen Iqbal memastikan operasi tersebut terus dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan ke masyarakat di wilayah hukumnya.

"Karena itu kegiatan kepolisian ditingkatkan, operasi yang rutin dilakukan, kami tingkatkan. Pengejaran terhadap pelaku kejahatan jalanan ini di-gaspol, istilahnya. Pelaku kejahatan yang melawan anggota di lapangan, diberi tindakan tegas terukur," ucap Iqbal kepada JPNN.com, Kamis (31/12).

Iqbal menjelaskan, dalam rentang waktu dua pekan terakhir ini, 13-26 Desember 2020, sebanyak 261 laporan polisi ditangani. Menurut eks Wakapolda Jawa Timur itu, mayoritas kasus berbentuk kasus pencurian.

"Dari keseluruhan kasus tersebut, sebanyak 367 pelaku berhasil kami ringkus selama Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan atau KKYD," jelas Iqbal.

Dijelaskan, ratusan tersangka itu merupakan pelaku kejahatan jalanan. Iqbal menegaskan bagi para pelaku street crime, mobilitas warga jelang akhir tahun menjadi kesempatan mereka untuk beraksi.

Eks Kadiv Humas Polri itu mengatakan, kejahatan jalanan yang rawan terjadi saat musim liburan contohnya pembobolan rumah kosong, pencurian kendaraan, pencopetan, perampokan dengan berbagai modus.

Berbagai macam bentuk kejahatan itu masuk dalam kategori kejahatan 3C yaitu pencurian dengan kekerasan (curat), pencurian disertai pemberatan (curat), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Irjen Mohammad Iqbal beri warning kepada siapa pun yang berencana melakukan aksi kejahatan untuk mengurungkan niat jahatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close