Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Dokumen Rahasia Pemerintah Australia Terungkap Ke Publik

Rabu, 31 Januari 2018 – 20:00 WIB
Ratusan Dokumen Rahasia Pemerintah Australia Terungkap Ke Publik - JPNN.COM

Dokumen-dokumen ini tersimpan dalam dua lemari arsip terkunci yang dijual dalam lelang perabot bekas Pemerintah Australia.

Departemen Perdana Menteri dan Kabinet (PM & C) Australia memerintahkan penyelidikan mendesak tentang pengungkapan ratusan dokumen rahasia dan dokumen yang dikategorikan sangat rahasia.

Poin inti:

  • Ratusan dokumen berkategori sangat rahasia telah terungkap setelah dokumen itu ditemukan didalam sebuah lemari arsip di toko perabot bekas
  • Dokumen-dokumen itu mengungkapkan pelanggaran keamanan nasional, negosiasi NBN, rencana layanan kesejahteraan
  • PM&C tidak merinci kapan penyelidikan mengenai pelanggaran keamanan ini akan dimulai dan siapa yang akan melakukannya

Sekretaris PM&C Martin Parkinson meminta penyelidikan ini dilakukan kurang dari satu jam setelah ABC mengungkapkan salah satu pelanggaran terbesar keamanan pemerintah dalam sejarah Australia.

Beberapa dokumen pemerintah itu diklasifikasikan sebagai "rahasia" atau "AUSTEO", yang berarti hanya boleh dilihat oleh pejabat Australia saja.

Dokumen tersebut seharusnya masih tetap bersifat rahasia dalam kurun waktu 20 tahun namun dokumen itu terungkap ke publik karena ditinggalkan di dua lemari arsip terkunci yang dijual dalam sebuah lelang perabot bekas pemerintah di Canberra.

Dokumen tersebut mengungkapkan informasi tentang Kevin Rudd yang diperingatkan mengenai "risiko kritis" dari skema isolasi rumah, keputusan Scott Morrison sebagai menteri imigrasi, dan pendekatan "razor gang" Tony Abbott terhadap kebijakan layanan kesejahteraan bagi kaum muda menjelang anggaran 2014.

Martin Parkinson mengatakan bahwa penyelidikan mendesak telah dimulai, jadi tidak elok baginya untuk berkomentar lebih lanjut.

Dia tidak mengatakan berapa lama penyelidikan akan dilakukan atau siapa yang akan melakukannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA