Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reaksi Selamat Ginting Soal Penunjukan Jenderal Andika Sebagai Calon Panglima TNI

Rabu, 03 November 2021 – 16:07 WIB
Reaksi Selamat Ginting Soal Penunjukan Jenderal Andika Sebagai Calon Panglima TNI - JPNN.COM
Pengamat komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Selamat Ginting (kiri). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Selamat Ginting merespons surat presiden (surpres) tentang usulan Jenderal Andika Perkasa menjadi Calon Panglima TNI.

“Bagi saya sebagai pengamat, tidak ada yang surprise (kejutan) mengenai surpres (surat presiden) tersebut,” kata Selamat Ginting di Jakarta, Rabu (3/11).

Selamat Ginting menyampaikan beberapa alasan terkait tidak adanya surprise terkait pencalonan KSAD sebagai calon Panglima TNI.

Pertama, setelah melewati dinamika politik Presiden Jokowi akhirnya mantap menetapkan Jenderal Andika Perkasa untuk menjadi calon panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan segera memasuki usia pensiun 58 tahun pada 8 November 2021 mendatang.

Andika sesungguhnya sudah dipersiapkan lama bersamaan dengan penetapan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI pada Desember 2017 lalu.

“Dipersiapkan menjadi KSAD untuk kemudian menjadi Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto,” ujar dia.

Kedua, dalam satu bulan ini sudah banyak isyarat bahwa Andika Perkasa akan dipilih menjadi calon Panglima TNI. Yang paling akhir adalah pertemuan ‘rahasia’ Andika Perkasa dengan Presiden Jokowi beberapa hari jelang keberangkatan Jokowi keluar negeri, seperti dikemukakan sebuah sumber.

“Jadi, pertemuan ini luput dari perhatian publik. Bukan saat Andika turut melepas Presiden Jokowi ke luar negeri, melainkan beberapa hari sebelumnya. Di situ sesungguhnya kepastian tersebut terjadi,” ujar Selamat

Pengamat komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Selamat Ginting merespons mengenai surat presiden (surpres) tentang usulan Jenderal Andika Perkasa menjadi Calo Panglima TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close