Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut Kado buat Warga Garut

Kamis, 20 Februari 2020 – 00:25 WIB
Reaktivasi Kereta Api Cibatu-Garut Kado buat Warga Garut - JPNN.COM
Pekerja membersihkan bangunan di sekitar jalur reaktivasi kereta api di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Feri Purnama

jpnn.com, GARUT - Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro menyatakan, reaktivasi jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu menjadi kado istimewa dalam momentum hari jadi ke-207 Kabupaten Garut.

Jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu dapat dimanfaatkan warga Garut untuk menuju kota besar maupun sebaliknya.

"KAI ingin memberikan kado spesial kepada masyarakat Garut di hari jadi yang ke-207 Kabupaten Garut di 2020 ini dengan mengoperasikan kembali jalur kereta api Cibatu-Garut," kata Edi saat uji coba rel kereta api di Stasiun Garut, Rabu.

Ia menuturkan, jalur kereta api Stasiun Cibatu-Garut sebelumnya sudah dimanfaatkan sejak Zaman Kolonial untuk angkutan barang dan juga orang sampai akhirnya berhenti beroperasi tahun 1982.

Reaktivasi kereta api itu, kata dia, akan segera beroperasi melayani kebutuhan tranportasi massal masyarakat Garut, sekaligus mendongkrak berbagai potensi daerah di Garut seperti pariwisata maupun produk unggulan khas Garut.

"Dengan dioperasikannya kembali jalur ini akan bermanfaat bagi perekonomian di wilayah Garut dan sekitarnya yang memang dari dulu sudah dikenal akan potensi wisatanya," katanya.

Ia menyampaikan, selama ini PT KAI sudah memperbaiki dan membangun jalur kereta api sepanjang 19 km dari Stasiun Cibatu sampai Garut Kota.

PT KAI, lanjut dia, sudah beberapa kali melakukan uji coba, dan saat ini untuk mengetahui perkembangan terakhir proyek reaktivasi yang sebentar lagi tuntas.

Reaktivasi jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu yang akan dioperasikan menjadi kado istimewa dalam momentum hari jadi ke-207 Kabupaten Garut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close