Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Dukung Reaktivasi Jalur Kereta ke Pelabuhan Tanjung Emas, Ini Pertimbangannya

Selasa, 12 September 2023 – 17:26 WIB
Bea Cukai Dukung Reaktivasi Jalur Kereta ke Pelabuhan Tanjung Emas, Ini Pertimbangannya - JPNN.COM
Bea Cukai Tanjung Emas bersama pihak Terminal Petikemas Semarang, PT Pelindo, PT KAI, dan PT Kereta Api Logistik (KALOG) membahas rencana reaktivasi jalur kereta api ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Selasa (5/9). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SEMARANG - Bea Cukai menyatakan mendukung rencana pemerintah mereaktivias jalur kereta api menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjung Emas RR Retno Murti Dewayani.

Perencanaan tersebut juga dibahas oleh Bea Cukai Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang (TPKS), PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Kereta Api Logistik (KALOG) pada Selasa (5/9).

Retno menyampaikan pembahasan diakukan untuk memastikan kelancaran arus barang antara pelabuhan dan jaringan rel kereta api.

Hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut juga termasuk perencanaan yang lebih baik untuk pemindahan barang dan bongkar muat sehingga dapat meningkatkan efisiensi logistik dan perdagangan di wilayah Jawa Tengah.

Dia menegaskan Bea Cukai Tanjung Emas mendukung rencana tersebut yang diyakini dapat menunjang efisiensi proses logistik.

“Dalam penetapan pola operasi dan keterminalan jalur kereta api dilaksanakan dengan tetap memperhatikan kelancaran proses pemeriksaan kepabeanan dan cukai kepada kontainer yang mendapatkan jalur merah," kata Retno dalam keterangannya, Selasa (12/9).

Dia menyampaikan para stakeholder yang hadir dalam diskusi tersebut sepakat bahwa penambahan fasilitas ini akan meningkatkan daya saing Pelabuhan Tanjung Emas dalam perdagangan internasional dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi Jawa Tengah.

Ini pertimbangan Bea Cukai mendukung reaktivasi jalur kereta api menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close